1. Untuk mengangkat benda-benda yang sangat berat, lebih efektif
menggunakan ….
a. katrol tetap
b. katrol tunggal bergerak
c. katrol berganda
d. tuas
2. Jika gesekan tali dan katrol diabaikan, gaya kuasa untuk
mengangkat benda adalah ….
a. 50 N
b. 100 N
c. 150 N
d. 200 N
3. Sebuah bidang miring yang panjangnya 3 m digunakan untuk
menaikkan drum setinggi 1 m. Keuntungan mekanis menggunakan bidang miring
adalah ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Sekrup merupakan contoh dari pesawat sederhana untuk
memudahkan kerja yang prinsip
kerjanya menggunakan ….
a. tuas
b. katrol tunggal
c. bidang miring
d. katrol majemuk
5. Sebuah bidang miring tingginya 1 m dan panjangnya 5 m. Jika
berat benda yang akan dipindahkan 1.880 N, gaya yang diperlukan adalah ....
a. 376 N
b. 9.400 N
c. 940 N
d. 37,6 N
6. Pada peristiwa buah kelapa yang jatuh dari pohon, terdapat
perubahan energi ....
a. kimia menjadi kinetik
b. potensial menjadi kinetik
c. kinetik menjadi potensial
d. kinetik menjadi kalor
7. Semua alat untuk memudahkan
usaha disebut ....
a. tuas
b. bidang miring
c. pesawat sederhana
d. katrol
8. Keuntungan mekanis dari katrol tetap adalah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. tidak tentu
9. Pada
keadaan seimbang, besar w adalah ....
a. 40 N
b. 80 N
c. 80 N
d. 100 N
10. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi pesawat sederhana adalah
. . . .
a. memperkecil usaha
b. mempercepat pekerjaan
c. mempermudah melakukan kerja
d. memperbesar usaha
11. Untuk mengendurkan mur diperlukan . . . .
a. obeng
b. paku
c. palu
d. bidang miring
12. Alat yang menggunakan prinsip tuas jenis kedua adalah . . .
.
a. pisau
b. gunting
c. roda
d. pemecah kemiri
13. Berikut ini merupakan alat yang menggunakaN prinsip bidang
miring, kecuali . . . .
a. pisau
b. roda
c. tangga
d. sekrup
14. Katrol yang memiliki keuntungan mekanis sama dengan 1 adalah . .
. .
a. katrol rangkap
b. katrol bebas
c. katrol tetap
d. katrol bergerak
15. Gir pada sepeda menggunakan prinsip . . . .
a. bidang miring
b. tuas
c. roda dan poros
d. katrol
16. Dua orang anak yang mempunyai berat sama sedang bermain
jungkat-jungkit. Jika jungkat-jungkit dalam keadaan setimbang maka posisi dua
anak tersebut adalah . . . .
a. jarak kedua anak dari poros sama
b. kedua anak duduk di salah satu ujung papan
c. jarak kedua anak dari poros tidak
sama
d. salah satu anak duduk pada poros
17. Sebuah tongkat panjangnya 1,5 m digunakan sebagai pengungkit.
Jika benda seberat 50 N berada pada jarak 0,5 m dari titik tumpu, besar gaya
yang digunakan untuk mengangkat benda adalah . . . .
b. 10 N
c. 20 N
d. 25 N
18. Sebuah batu beratnya 20 N diangkat dengan menggunakan sebuah tuas.
Jika gaya yang diberikan sebesar 10 N, keuntungan mekanisnya adalah . . . .
a. 2
b. 1
c. 0,5
d. 0
19. Keuntungan mekanis dari katrol berganda yang memiliki tiga buah
katrol bebas untuk mengangkat benda sebesar 35 N adalah . . . .
a. 7
b. 6
c. 5
d. 4
Artikel Terkait :
Artikel Terkait :
- Modul SMP IPA, Bioteknologi
- Pewarisan Sifat
- Modul IPA SMP, Adaptasi
- Modul IPA SMP, SIstem Saraf
- Modul SMP IPA, Sistem Reproduksi
- Modul SMP IPA, Sistem Eksresi
- Modul SMP IPA, Tata Surya
- Modul IPA SMP, GGL Induksi
- Modul IPA SMP, Energi dan Daya Listrik
- Modul IPA SMP, Listrik Statis
- Modul SMP Inggris, Report
- Modul SMP Inggris, Expression
- Modul SMP Inggris, Procedure
- Modul SMP Inggris, Speaking
- Modul IPA SMP, Zat Aditif
- Modul SMP IPA, Bahan Kimia
- Modul IPA SMP, Penyakit pada tumbuhan
- Modul SMP IPA, Gerak pada Tumbuhan
- Modul IPA SMP, Gerak pada Tumbuhan
- Modul SMP IPA, Fotosinstesis
- Modul SMP IPA, Teori Foto Sintesis
- Modul SMP IPA, Jaringan Tumbuhan
- Modul SMP IPA, Jaringan Tumbuhan
- Modul SMP, Peradaran Darah
- Modul SMP IPA, Teori Sistem Pernafasan
- Modul Bimbel SMP, Teori Pertumbuhan
- Modul Bimbel SMP, Teori Usaha
- Modul Bimbel SMP, Teori Gaya
- Modul SMP IPA, Sistem Peredaran Darah
- Modul SMP IPA, Sistem Pernafasan
- Modul IPA SMP, Sistem Pencernaan
- Modul IPA SMP, Sistem Gerak
- Modul SMP IPA, Pertumbuhan
- Modul SMP IPA, Cahaya
- Modul SMP IPA, Getaran
- Modul SMP IPA, Tekanan
- Modul SMP IPA, Pesawat Sederhana
- Modul IPA SMP, Usaha dan Energi
- Modul SMP IPA, Gaya dan Percepatan
- Modul SMP Inggris, Recount
- Modul SMP Inggris, Writing
- Modul SMP Inggris, Narrative
- Modul SMP Inggris, Speaking
- Modul SMP Inggris, Reading
- Modul SMP Matematika, Himpunan
- Modul SMP Matematika, Aritmatika Sosial
- Modul SMP Matematika, PLSV
- Modul SMP Matematika, Bilangan Bulat
- Modul IPA SMP, Perubahan Fisika dan Kimia
- Modul IPA SMP, Kalor
- Modul IPA SMP, Zat dan wujudnya
- Modul SMP IPA, Unsur dan Senyawa
- IPA SMP, Soal Besaran dan satuan
- Modul SMP, Inggris Bag 5
- Modul SMP, Inggris Bag 4
- Modul SMP Inggris Bag 3
- Modul SMP, Inggris bag 2
- Modul SMP, Inggris 7 bag 1
No comments:
Post a Comment